Apa itu edutainment

Apa itu edutainment

Sebelum membahas lebih jauh mengenai apa ituedutainment? sebaiknya perlu diketahui bahwa kata edutainment itu sendiri berasal dari perpaduan atau gabungan kata education dan entertainment. Education itu sendiri memiliki arti pendidikan, sedangkan entertainment memiliki arti hiburan. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa edutainment merupakan sebuah metode atau model pembelajaran yang digunakan dalam pendidikan yang dipadukan atau dikombinasikan dengan hiburan sehingga anak/peserta didik tidak merasa jenuh maupun bosan dalam mempelajari apa yang diajarkan oleh guru/pengajar. Dengan adanya edutainment juga dapat membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan bisa meningkatkan minat anak/peserta didik. Jadi, apa itu edutainment bisa diartikan sebagai proses pembelajaran yang didesain dengan memadukan antar muatan pendidikan dan hiburan secara harmonis, sehingga aktifitas pembelajaran berlangsung menyenangkan.

Konsep edutainment bisa diterapkan seperti hal-hal berikut:

  1. Menggunakan demonstrasi
  2. Menerapkan penggunaan multimedia
  3. Mengkombinasikan belajar sambil bernyanyi
  4. Menggabungan pendidikan dengan permainan (game),
  5. Menyelipkan humor yang berhubungan dengan pendidikan,
  6. Menggunakan metode bermain peran (role- play) pada pendidikan
  7. dan lain-lain

Konsep edutainment ini memiliki tujuan supaya anak/peserta didik bisa mengikuti dan merasakan proses pembelajaran dengan suasana yang menyenangkan, menghibur, dan mencerdaskan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Manfaat Edutainment:

  1. perasaan positif seperti senang maupun gembira akan mampu mempercepat proses pembelajaran.
  2. Bisa menjadi batu loncatan untuk meraih prestasi belajar karena emosi anak/peserta didik terkendali dan bisa mengembangkan nalar anak/peserta didik
  3. Pembelajaran yang menyenangkan bisa meningkatkan minat dan motivasi anak/peserta didik dalam pembelajaran.
  4. Mencapai hasil belajar yang optimal.

Perpaduan antara belajar dan hiburan yang menyenangkan ini didasarkan pada sifat alamiah anak yang dalam kesehariannya membutuhkan waktu bermain dan hiburan. Sehingga konsep pembelajaran edutainment ini bisa membantu anak untuk belajar lebih efektif karena diterapkan dalam kondisi yang menyenangkan dan bebas dari tekanan.