Board Game Suro lan Boyo

, , ,

Poster Board Game - Suro Lan Boyo dari Tim Tiga Anak

Board Game Suro lan Boyo

Hai para pengunjung sekalian, saya selaku pengurus Win Comp Magic ingin membagikan informasi menarik di tahun ini yaitu tentang Board Game Challenge yang diadakan oleh KOMPAS dan KUMMARA. Board Game Challenge ini merupakan Kompetisi pembuatan Board Game atau biasa dikenal sebagai “Permainan papan”. meskipun namanya Board Game, tapi dalam Board Game Challenge ini boleh juga mengikutikan permainan berupa Card Game. Tujuan KOMPAS dan KUMMARA mengadakan acara seperti ini yaitu agar perindustrian Game terutama Board Game di Indonesia bisa berkembang. Kummara berharap dengan adanya acara ini bisa mengembangkan perindustrian game Indonesia berkembang dan bisa dikenal internasional. Selain itu, Kummara berharap dengan adanya permainan berupa Board Game bisa menumbuhkan rasa kebersamaan, keakraban dan sosialisasi. Karena melihat perkembangan teknologi saat ini membuat setiap orang bergantung pada gadget mereka sehingga lupa dengan sekitar, kurang bersosialisasi, dan suka menyendiri karena terlalu fokus pada gadgetnya. Oleh karena itu KOMPAS bekerja sama dengan KUMMARA untuk mengadakan Board Game Challenge yang dimulai di 5 kota besar yakni Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bandung dan Jakarta. Semua peserta yang mengikuti acara ini diminta untuk membentuk kelompok dan membuat konsep permainan sesuai dengan Tema yang diberikan oleh Kummara. Dan disinilah awal mula tim saya terbentuk dengan nama TIGA ANAK. Saya selaku salah satu anggota tim TIGA ANAK ingin menceritakan Board Game yang telah kami buat dan di kompetisikan dalam Board Game challenge regional Surabaya ini berjudul SURO LAN BOYO. Seperti yang diinformasikan oleh KOMPAS, dari setiap kota dipilih 5 finalis untuk di kompetisikan lagi dengan finalis dari kota besar lainnya di Jakarta, Board game SURO LAN BOYO kami terpilih menjadi finalis di regional Surabaya dan maju ke grand final di Jakarta.

Setelah dikategorikan sebagai finalis, kami dan tim lainnya dibimbing secara online oleh Kompas dan Kummara selama sebulan. Dalam kurun waktu 1 bulan tim kami dan tim lainnya dibimbing untuk mengembangkan konsep dan desain permainan kami. Kami mendapat banyak masukan dari banyak pihak, sehingga dengan adanya masukan/saran dari beberapa pihak kami bisa melakukan pematangan konsep dengan melihat beberapa referensi yang ada sebagai acuan untuk mengembangkan permainan kami. Semua yang kami kerjakan selama sebulan ini dengan mempertimbangkan saran dan masukan dari playtester yang telah mencoba permainan kami. Supaya lebih jelas apa saja yang kami lakukan dalam minggu ini, langsung saja melihat progress kami dibawah ini.

Proses Pembuatan Board Game Suro lan Boyo

Dalam sebulan kami menyelesaikan deskripsi permainan, rulebook dan mendesain gambar untuk cover box permainan Suro lan Boyo. Selain itu kami berusaha mencari bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan kotak permainan kami. Sayangnya, setelah berkeliling berkali-kali kami tidak menemukan toko yang menjual greyboard. Sehingga kami memutuskan sementara ini kami mencoba menggunakan dupleks. Dan untuk pembuatan rulebooknya, kami mencoba beberapa cara agar rulebook yang kami buat mudah dipahami oleh semua umur. Kami berencana membuat rulebook yang didalamnya terdapat ilustrasi sehingga pemain bisa dengan mudah memahami latar belakang cerita dan bagaimana cara bermain permainan Suro lan Boyo. Berikut ini perkembangan kami dalam seminggu ini.

Box Suro lan boyo - Tim Tiga Anak

Desain Box suro lan Boyo

Pion dan token Ajian Misah Raga Suro lan Boyo

Pion Suro, pion Boyo dan token Kekuatan (Ajian misah raga)

Tile wilayah Board Game Suro lan Boyo

Tile wilayah

area untuk menaruh wilayah yang telah di rebut (Suro)

area untuk menaruh wilayah yang telah di rebut (Boyo)

Area yang digunakan untuk menaruh tile wilayah yang telah berhasil direbut

Yang kedua, untuk mengetahui permainan kami bisa dimainkan untuk anak-anak sampai dewasa, kami melakukan playtest pada anak sekolah dan juga dosen. Dengan begini kami bisa melihat dan mengetahui kekurangan dan apa yang perlu diperbaiki atau ditambahkan dala permainan ini. Saat melakukan playtes pada anak sekolah, terutama murid saya (Windy), saya cukup memberi instruksi singkat mereka langsung dengan cepat memahami permainan ini. Dan hebatnya, pada saat murid saya bermain dengan saya, murid saya mengalahkan saya.. hehehehe :D Saya senang sekali karena murid saya memainkan permainan Suro lan Boyo sampai berkali-kali. Tak berhenti disitu, setelah  melakukan  playtest dengan anak sekolah saya melakukan playtest kepada dosen, dan menariknya lagi dosen pun sangat tertarik dengan permainan ini dan ingin mengulangi permainan ini sampai beberapa kali dengan saya. Selama playtest berlangsung, kami mendapat pendapat yang memuaskan dan saran yang baik pula untuk mengembangkan permainan ini.

Dalam pengembangan Board game Suro lan Boyo, kami mendapat masukan dari mas Andre dalam pemotongan Board Game kami kalau bisa menggunakan Laser cutting agar pemotongan bisa rapi dan ukurannya juga sesuai dengan yang diinginkan. Oleh karena itu, kami mencari tempat yang menawarkan jasa Laser Cutting. Dan pilihan kami jatuh pada Jasa Laser cutting Contrast, pihak inilah yang membantu dan menjadi sponsor berupa jasa laser cutting sehingga kami bisa menyelesaikan Board Game tepat pada waktunya. Dalam hal ini pihak Contrast memberi kami masukkan dalam hal laser cutting mengenai bahan board game yang kami gunakan. Pengerjaan laser Cutting dari pihak Contrast sangat cepat sekali. Karyawan dengan sigap dan cepat mengerjakan pemotongan bahan board game kami sesuai dengan desain yang kami berikan sebelumnya. Dan pada akhirnya Board Game kami telah di laser cut dengan lancar. :)

Berikut ini video dokumentasi kami minggu ini.

Special thanks to:

Logo-kompas-biru Kummara-Logo

CONTRAST

Comments

comments