Mengatasi Masalah Komputer tidak Bisa Booting

, , , , ,

Mengatasi komputer tidak bisa booting

Mengatasi Masalah Komputer tidak Bisa Booting

 

Kali ini WinCompMagic akan berbagi informasi dan ilmu mengenai masalah yang biasanya terjadi pada komputer PC anda. Tepatnya kami akan berbagi mengenai servis/memperbaiki komputer tentang bagaimana solusi untuk mengatasi masalah komputer tidak bisa booting atau masuk windows. Sebelum anda memanggil tukang servis untuk memperbaiki komputer PC anda, alangkah baiknya jika anda mencoba untuk mengeceknya terlebih dahulu dan mencoba untuk mengatasinya terlebih dahulu. Untuk mengetahui permasalahan yang muncul dan bagaimana cara mengatasi masalah pada komputer anda, ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti beberapa hal berikut ini:

1.     Harddisk tidak terdeteksi 

Masalah hardisk yang tidak terdeteksi biasanya muncul pada komputer anda. Untuk mengidentifikasi masalah ini cukup mudah, karena akan muncul pemberitahuan mengenai penyebab gagal booting ini yang ditampilkan di layar monitor anda dengan tulisan “Disk boot failure”, yang berarti sistem gagal memuat harddisk.

wincompmagic-disk-boot-failure

Cara mengatasi : 

Untuk mengatasi permasalahan seperti ini, pertama-tama cek kabel SATA atau IDE yang terpasang antara harddisk dan motherboard, cek juga kabel power pada harddisk dan pastikan semuanya terpasang dengan baik. Atau anda bisa lepas dulu kemudian pasang kembali seperti semula.

Kedua, Masuk ke BIOS dan lihat apakah harddisk terdeteksi. Jika tidak maka berarti harddisk tersebut rusak atau bermasalah.

Catatan: Jika Anda memakai 2 harddisk dengan 1 kabel IDE, pastikan posisi jumper untuk Master dan Slave sudah benar.

2.     Memori (RAM) dan VGA Card 

Jika permasalahan ada pada RAM, Gejala yang sering muncul biasanya yaitu  terdengar bunyi beep yang terus berulang dan tidak muncul tampilan sama sekali pada layar monitor.

 wincompmagic-Membersihkan-memori-RAM-dan-slot-RAM

Cara mengatasi : 

Untuk mengatasi permasalahan seperti ini, pertama-tama lepas memory (RAM) dari slotnya kemudian bersihkan bagian pin-nya dengan menggunakan penghapus karet (bersihkan dengan pelan-pelan dan hati-hati). Demikian juga jika Anda memakai VGA Card terpisah.

Kedua, pasang memory yang telah anda bersihkan di slot lain yang tersedia, pastikan slot memori juga telah dibersihkan terlebih dulu.

Catatan: Jika anda memakai memory lebih dari satu pada komputer anda, maka cobalah untuk memasang dan mengetesnya satu per satu. 

3.     Prosesor overheat 

Masalah ini umum terjadi saat prosesor terlalu panas atau overheat yang menyebabkan komputer PC anda  hang dan sering restart sendiri. Namun gagal booting juga bisa terjadi karena prosesor overheat.

wincompmagic-thermal-paste

Cara mengatasi : 

Untuk mengatasi permasalahan seperti ini, cek fan dan heatsink yang terpasang pada prosesor, pastikan thermal paste atau pasta yang ada diantara prosesor dan unit heatsink tidak kering.

Catatan: Jika thermal paste atau pasta kering, tambahkan pasta yang baru. Anda bisa perhatikan suhu prosesor dari menu Hardware Monitor yang ada pada BIOS 

4.     Sistem Windows corrupt 

Untuk mengetahui jika ada ada sistem windows yang corrupt. Masalah ini dapat diketahui karena ditunjukkan dengan peringatan yang memberitahukan bahwa ada file pada sistem windows yang hilang atau sistem operasi sedang bermasalah sehinggat tidak bisa dijalankan, misalnya “bootmgr is missing”, “ntldr.dll is missing” atau “cannot load operating system”, dan lain-lain.

wincompmagic-mengatasi-system-windows-yang-corrupt

Cara mengatasi : 

Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa gunakan CD Windows untuk melakukan repair terhadap sistem operasi.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda, dan bisa digunakan dalam mengatasi masalah komputer anda. Jika ada pertanyaan atau ingin konsultasi masalah IT (komputer/PC, Notebook, Android) silahkan anda tanyakan di halaman facebook WinCompMagic kami. Kami usahakan menjawab permasalahan IT yang anda tanyakan semaksimal mungkin sesuai kemampuan kami.

Official Page:

https://www.facebook.com/wincompmagic.official

Official-Page-of-Win-Comp-Magic

Comments

comments