Kode Etik Pesulap

,

Sulap sekarang sedang menjadi Trend, dimana-mana sekarang ada pesulap baik yang amatir baik yang hobby ataupun yang Pro. Ada yang menjadikan sulap sebagai profesi dan ada juga yang menjadikan sulap sebagai hobi. Saat kita memilih dan mempelajari sesuatu pasti ada aturan-aturan atau kode etik yang harus dipatuhi. Seperti halnya sulap, dalam dunia seni sulap ada yang namanya kode etik pesulap yang harus dipatuhi oleh para pesulap/magician yang menjadikan sulap sebagai hobi atau profesi.

Ada beberapa informasi untuk yg mau menjadi pesulap, ini adalah informasinya. Ciri-ciri pesulap sejati adalah :

1. Mau terus berlatih
2. Tidak mudah putus asa
3. Tidak cepat berbangga diri
4. Tidak sombong dan tidak suka pamer
5. Kreatif dan inovatif
6. Percaya diri
7. Bertanggung jawab

Berikut ini adalah kode etik pesulap yang harus diketahui dan dipahami oleh setiap pesulap yang mempelajari seni sulap.

Kode Etik Pesulap :

1. Keep the Secret (Jagalah Rahasia)

Seorang pesulap yang benar-benar menghargai trik sulap, akan mampu melestarikan dan menjaga rahasia trik tersebut ! Jika suatu trik sulap terbongkar, maka misteri di balik trik sulap tersebut akan hilang! Sekali rahasia terbuka, maka nilai misteri dan nilai hiburannya akan hilang.
Anda akan merugikan rekan sulap lain, yang dengan susah payah telah mengorbankan tenaga, waktu, pikiran dan uang untuk mempelajari trik sulap. Pertahankan rahasianya dan selama itu pula anda akan dianggap memiliki kemampuan yang tidak dimiliki sembarang orang. Suatu kebanggaan tersendiri! Sekali rahasia terbuka mereka bisa mengatakan “O, cumagituaja”. Andakecewa, penonton-pun kecewa. Anda akan dianggap sebagai penipu dalam arti yang sesungguhnya.

2. Jangan mengulang trik yang sama kepada orang yang sama.

Jika ada penonton atau rekan anda yang menginginkan anda untuk mengulang trik yang baru saja anda mainkan, jangan lakukan! Sebab sesungguhnya, mereka bukan ingin melihat kepiawaian anda dalam bermain sulap, melainkan mereka hanya ingin mengetahui triknya saja! Kekuatan trik terletak pada misteri serta kejutannya. Kalau prosesnya sudah diketahui lebih dulu, maka ada kemungkinan rahasia akan terdeteksi. Bila anda disuruh mengulang suatu trik, hindari dengan cara yang simpatik dan lanjutkan dengan trik yang lain.

3. Jangan tampil sebelum anda menguasai sulap itu dengan baik.

Jika anda ingin menunjukkan suatu permainan sulap kepada penonton, anda harus banyak-banyak berlatih terlebih dahulu! Sebab, jika anda tidak berlatih terlebih dahulu, maka, sama saja anda membuka rahasia trik sulap tersebut! Dan jika rahasia trik sulap sudah terbongkar, maka resikonya adalah misteri di balik trik sulap tersebut akan lenyap dan penonton tidak akan merasa terkejut dan terhibur! Keraguan selama pertunjukan akan menghilangkan kredibilitas anda. Permainan yang jelek karena belum fasih memainkan trik bisa pula menyebabkan anda jatuh mental. Mulailah dengan mempelajari trik yang anda rasa paling mudah dipelajari, hayati dengan baik, kemudian berlatihlah di depan cermin. Cobakan lebih dulu kepada orang-orang di sekeliling anda, baru kepada teman-teman. Lihat reaksi dan dengarkan komentar mereka. Bila sudah fasih, baru kepada penonton yang sesungguhnya.
Ada slogan dalam bahasa Inggris yang berbunyi “Practice Makes Perfect” (Berlatih Menjadi Sempurna). Hal ini berlaku umum. Namun, sebagai pesulap slogan itu harus disempurnakan menjadi “Perfect Practice Makes Perfect”. Artinya, hanya melalui latihan yang sempurnalah akan diperoleh hasil yang sempurna pula.

4. Jangan pernah memberi tahu seseorang apa, dimana, atau oleh siapa anda mendapatkan rahasia ilmu tersebut kecuali kepada para magician itu sendiri.

5. Jangan pernah membongkar sulap – sulap yang anda ketahui.

Kalau trik sulap anda terbongkar maka itu akan menghilangkan nilai seni & nilai hiburan. Jika ini terjadi dapat menyebabkan penonton tidak terhibur lagi oleh sulap yang anda mainkan

6. Jangan pernah menjadi hackler kepada pesulap lain yang sedang tampil!

*Hackler = yaitu orang yang mengacaukan penampilan sulap dengan mencoba menebak atau membongkar rahasianya.*

7. Jangan pernah menampilkan sulap lebih dari satu kali kepadas atu orang. Karena sulap yang sama hanya akan membuat sulap itu mudah diketahui triknya dan nilainya akan berkurang jika tidak ada improvisasi.

8. Perhatikan cakupan sudut pandang.

Didepan cermin besar sudut pandang yang anda lihat sama dengan besar sudut pandang yang penonton akan lihat pada jarak yang sama. Pelajari sampai berapa besar batas cakupan kiri dan kanan, atas dan bawah agar penonton tidak bisa melihat apa yang anda tutupi, halangi atau sembunyikan. Sudut pandang yang baik tidak lebih besar dari 100 derajat , yang aman 90 derajat.

9. Hormatilah sesama pesulap.

Adalah tidak etis bagi seorang pesulap, baik secara langsung maupun tidak langsung, mengganggu sesama pesulap yang sedang mengadakan pertunjukan.

Terima kasih.

Comments

comments